Downloads
Islam
Recent Articles

Cermati Perubahan Warna Gigi




Gigi manusia dapat berubah warna menjadikekuningan,abu-abubahkancoklet dan hitam. Hal ini dapat disebabkanoleh banyak factor, baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh.

Factor penyebab dari luar biasanya disebabkan oleh kopi, the, pewarna makanan buatan, anggur, berry, mengunyah tembakau, ataupun rokok yang meningggalkan tar berwarna kecoklatan pada gigi yang terjadi secara perlahan dalam jangka waktu yang panjang. Sedangkan factor penyebab dari dalam, terjadi saat pembentukan struktur gigi. Contoh ekstrim adalah pemakai obat antibiotic tetrasiklin yang dikonsumsi semasa pertumbuhan gigi pada anak-anak berumur dibawah 8 tahun atau semasa dalam kandungan ibunya. Jika terkena obat ini dalam masa pembentukan struktur gigi, maka gigi akan berubah warna menjadi abu-abu atau kecoklatan.

Perubahan warna pada gigi dapt pula disebabkan intake fluoride yang melebihi batas. Kadar fluoride yang diperbolehkan adalah 800-1.000 ppm. Namun, pada anak sebaiknya 200-300ppm saja. Gigi nonvital atau gigi mati akibat trauma, misalnya pernah jatuh atau terkena benda keras dapat menyebabkan gigi kehitaman. Hal ini dikarenakan adanya darah yang keluar dari penbuluh darah pulpa teroksidasi, yang kemudian masuk kedalamsaluran-saluran kecil dalam gigi.

Perubahan warna gigi yang disebabkan asap rokok, makanan, ataupun minuman dapat mudah dibersihkan (sebatas permukaan dan tidak sampai memepengaruhi struktur dentin). Namun pada ksus yang sudah melibatkan jaringan dalam gigi, maka pemulihan warna gigi harus menggunakan bahan kimia tertentu.

CARA MEMUTIHKAN GIGI

Ada beberapa cara/tips/metode yang dapat dilakukan untuk memulihkan kembali warna gigi. Diantaranya sbb :

· Gunakan Gel. Pemutihan gigi dengan menggunakan gel bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun sebelumnya periksa gigi pada dokter utnuk dilihat keadaannya. Jika memiliki gigi berlubang, maka sebaiknya gigi tersebut ditambal terlebih dahulu agar tidak terjadi irtasi. Gel akan masuk kedalam sela gigi dan gusi sehinggan akan terasa rasa ngilu yang cukup berat.

· Gunakan Laser. Ini biasanya dilakukan untuk kasus yang parah. Cara ini harus dilakukan di klinik dengan bantuan dokter gigi. Hal ini dikarenakan kandungan pemutih giginya lebih tinggi (hingga 35ml). jika dilakukan gegabah, akan mengakibatkan rasa ngilu yang berat.

· Gunakan Selotip. Ini adalah cara yang paling cepat, hanya butuh waktu 0.5jam. Namun, hasilnya tidak awet. Jika pemutihanlain bisa bertahan hingga 3tahun, pemutihan dengan selotip hanya bertahan beberapa hari. Cara ini biasa disebut cara sekali pakai. Adapun masa satu paket selotip hanya bertahan hingga 2tahun.

Bookmark and Share
Share and Enjoy:

0 comments for this post

Leave a reply

We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!

subscribe via email:


Your information will not be shared. Ever.
Sponsors
Tegur Sapa Menjalin Ukhwah
Search
Find Me
Follow malaikat on Twitter. Only interesting tweets are shared
Subscribe and join my readers to keep up-to-date Issue in Feedburner

Join delicious readers to promote this site

Recent Comments
Tag Cloud